Berita Kesehatan,kecantikan, tips dan trik

Manfaat Aerobik Untuk Kaum Milenial

 aerobik bukan hanya bermanfaat untuk kebugaran fisik tapi juga kognitif Manfaat Aerobik Untuk Kaum Milenial
Manfaat Aerobik Untuk Kaum Milenial
 -  Bagi orang berusia 55 tahun dan lebih, aerobik bukan hanya bermanfaat untuk kebugaran fisik tapi juga kognitif. Sejumlah peneltian telah membuktikannya. Jenis olahraga ini bisa mengurangi risiko demensia, penyakit jantung, dan problem kesehatan mental.

Lantas, bagaimana keuntungannya bagi kaum muda atau milenial?

Sebuah studi gres mengungkapkan, latihan aerobik setiap hari secara signifikan meningkatkan fungsi kognisi dan kesehatan otak pada orang yang berusia 20 tahun.

Agen Poker
"Ini studi pertama yang menawarkan manfaat kognitif dari latihan aerobik pada orang di bawah usia 55 tahun. Ternyata, keuntungannya juga bisa dirasakan orang-orang berusia 20-an," kata penulis senior studi, Dr. Yaakov Stern, profesor neuropsikologi dari Columbia Cognitive Neuroscience Division.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Neurology ini diikuti 132 orang, berusia 20 sampai 67 tahun, yang mengungkapkan bahwa mereka tidak berolahraga secara teratur. (Perlu dicatat bahwa 70 persen dari kelompok itu ialah perempuan).

Kelompok itu dibagi menjadi dua kelompok, satu yang pergi ke gym dan melaksanakan latihan aerobik (seperti joging di treadmill, bersepeda atau melaksanakan elips) selama kurang lebih satu jam, empat kali setiap minggu. Kelompok lain pergi ke gym dan melaksanakan latihan peregangan dan mengencangkan untuk durasi yang sama.

Setelah 24 minggu, kelompok yang melaksanakan latihan aerobik mempunyai hasil baik pada tes fungsi direktur daripada kelompok yang hanya melaksanakan peregangan dan toning. Fungsi yang dimaksud ialah kemampuan untuk memecahkan masalah, menyerupai contohnya menuntaskan tugas-tugas, menyesuaikan diri secara mental dengan situasi gres atau berbeda dan gampang merencanakan aneka macam hal.

"Penelitian ini seharusnya tidak menciptakan orang berhenti melaksanakan peregangan dan pengencangan, alasannya latihan-latihan itu diketahui sanggup membangun kekuatan, mencegah cedera dan mengurangi stres," ujar Stern kepada 

Studi ini juga melaporkan temuan lain yang mengesankan. Mereka yang melaksanakan latihan aerobik juga ternyata bisa mengurangi risiko penuaan, penipisan korteks frontal yang pertanda peningkatan kesehatan otak.


"Kami mengetesnya dengan scan otak MRI sebelum dan di tamat tes, dan kami benar-benar melihat ketebalan korteks, lapisan luar otak di kawasan frontal, meningkat dengan olahraga," kata Stern.

“Jadi tampaknya kita tidak hanya melihat manfaat kognitif, otak itu sendiri merespons sebagai fungsi latihan. Dan itu bukan hanya untuk orang tua. Tetapi semakin renta pesertanya, semakin banyak peningkatan yang mereka lihat," lanjut Stern. 

"Saya pikir yang paling mengejutkan ialah fakta bahwa peningkatan dalam kognisi ini tidak menghipnotis usia. Sebab semakin renta Anda, fungsi otak bisa semakin meningkat," kata Stern.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Aerobik Untuk Kaum Milenial"

Posting Komentar